Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Eropa

a. Letak, Luas, dan Batas Benua Eropa

Letak, Luas, dan Batas Benua Eropa - Benua Eropa terletak di sebelah Barat Benua Asia. Bahkan bisa dikatakan bahwa Benua Eropa yaitu semenanjung sebelah Barat Benua Asia yg dibatasi oleh rangkaian Pegunungan Ural. Jika dilihat geografisnya, Eropa sebenarnya bukanlah satu buah benua, tapi dari kemajuan budaya & peranannya yg menonjol, sehingga Eropa mampu berdiri sendiri sehingga menjadi sebuah kawasan benua.

Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Eropa

Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Eropa - Secara astronomis, Benua Eropa terletak di antara 10 BB - 59 BT dan 71 LU - 35 LU, sehingga seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara. Luas wilayahnya mencapai 10.355.000 km (6,5% luas wilayah daratan dunia) dengan batas-batas wilayah berikut ini.
  1. Wilayah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
  2. Wilayah Timur berbatasan dengan Benua Asia.
  3. Wilayah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, & negara Turki.
  4. Wilayah Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.

b. Kondisi Fisik Benua Eropa

Eropa menjadi satu-satunya benua yang wilayahnya tidak terdapat gurun. Kalau dilihat dari bentukan wilayahnya, benua eropa dicirikan dgn bentukan alam semenanjung menyebar di tiga wilayah penting, diantaranya Semenanjung Skandina terletak di wilayah Utara, Semenanjung Siberia di wilayah Barat, & Semenanjung Italia di wilayah Selatan. Keadaan fisik yg lain bakal diuraikan berikut ini. 
  • 1 ) Iklim Benua Eropa
Eropa ialah benua yg terletak di lintang tinggi, maka terletak di kawasan beriklim sedang sampai dingin, bahkan ada wilayahnya di sektor Utara yg sudah masuk lingkaran Kutub Utara. Kondisi tersebut menyebabkan Eropa memiliki keadaan iklim berikut ini.
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Eropa
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Eropa

a) Di wilayah pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yg mengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tak membeku.
b) Di wilayah tengah berjalan peralihan iklim maritim basah ke iklim kontinen yg kering.
c) Di wilayah Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania & angin dari kawasan gurun yg panas, maka keadaan cuacanya jadi lebih hangat.
d) Di wilayah Utara dipengaruhi iklim kutub yg dingin.
  • 2 ) Gunung dan pegunungan Benua Eropa
Wilayah pegunungan di Eropa terdapat di bagian semenanjung-semenanjungnya yang dibedakan atas pegunungan tua di kawasan Utara dan pegunungan lipatan muda di kawasan Selatan. Pegunungan di Eropa, yaitu gugusan pegunungan tua di Norwegia yang membentang dari Utara ke Selatan dengan puncak tertinggi Gunung Galdhopiggen (2.470 m), Pegunungan Alpen di kawasan Mediterania dengan puncak tertinggi di Mount Blanc (4.808 m), Pegunungan Kaukasus di sebelah Selatan dengan puncak tertinggi di Gunung Elbrus (5.633 m), dan Pegunungan Ural di sebelah Timur yang merupakan batas alam antara Benua Eropa dengan Benua Asia. Gunung-gunung di wilayah Benua Eropa pada umumnya masih aktif, namun tidak terlalu tinggi, dan puncaknya diselimuti salju.
  • 3 ) Sungai dan danau Benua Eropa
Sungai-sungai di Eropa pada umumnya dijadikan sebagai batas alam antarnegara, seperti Sungai Rhein (1.320 km) yang menjadi batas alam negara Swiss, Liechtenstein, Austria, Prancis, dan Jerman. Selain itu, terdapat juga Sungai Elbe dan Dapude di Jerman, Sungai Loire dan Sungai Ruhr di Prancis, serta Sungai Uber dan Sungai Weiche di Polandia.

Sungai-sungai tersebut pada umumnya berhulu di Pegunungan Alpen dan bermuara di Laut Baltik dan Laut Utara. Adapun persebaran danau di kawasan Eropa banyak dijumpai di kawasan Utara, seperti Danau Vattern, Danau Vanem, Danau Hyalmaren, Danau Stasyon di Swedia, Danau Ore esii, Danau Paula esi, Danau Ouluyami, Danau Inari di Finlandia, Danau Onega, dan Danau Ladoga di Rusia.
  • 4 ) Flora dan fauna Benua Eropa
Flora dan fauna yang berkembang di Benua Eropa pada dasarnya sama dengan flora dan fauna yang berkembang di kawasan beriklim sedang dan dingin. Jenis flora yang tumbuh di kawasan ini, adalah hutan konifera (tumbuhan berdaun jarum) dan hutan yang meluruhkan daunnya di musim gugur. Jenis flora yang lain adalah pohon maple, ek, iris, lily, dan zaitun. Adapun fauna khas yang hidup di Eropa adalah rusa, beruang kutub, serigala, ikan tuna, dan ikan haring.

c. Kondisi Sosial Benua Eropa

Eropa termasuk benua terpadat kedua setelah Asia. Jumlah penduduknya mencapai lebih dari 727 juta jiwa. Etnik-etnik di Eropa memiliki sekitar 50 bahasa dalam ratusan dialek daerah. Meskipun mayoritas penduduknya berkulit putih, namun mereka dapat dibedakan atas beberapa etnik utama berikut ini.
  1. Etnik Mediteran, tinggal di kawasan Eropa Selatan dan Barat dengan ciri-ciri bermata cokelat dan berambut hitam.
  2. Etnik Slavia, tinggal di kawasan Eropa Timur dengan ciri-ciri bermata abu-abu kebiruan dan berambut pirang keputih-putihan.
  3. Etnik Alpen, tinggal di kawasan tengah dengan ciri-ciri bermata cokelat dan berambut pirang kecokelatan.
  4. Etnik Nordik, tinggal di kawasan Utara dengan ciri-ciri bermata biru dan berambut pirang.
Sebagian besar penduduk Eropa adalah pemeluk agama Kristen dan Katolik. Dalam kehidupannya, sistem pendidikan sangat diperhatikan, Eropa memiliki universitas-universitas tua dengan reputasi tinggi, seperti Universitas Cambridge, Edinburg, dan Oxford di Inggris, serta Universitas Leiden di Belanda. Dalam dunia perdagangan, Eropa memegang peranan penting karena lebih dari separuh ekspor atau impor dunia berhubungan dengan negara-negara di Eropa.

   Jendela Info      Euro mulai diberlakukan sebagai mata uang sejak tanggal 1 Januari 2002 oleh negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Mata uang ini telah berlaku penggunaannya dan menggantikan mata uang nasional pada 12 negara dari 15 negara anggota Uni Eropa, yaitu Austria, Belgia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Italia, Irlandia, Lu emburg, Belanda, Spanyol, dan Portugal.

d. Karakteristik Benua Eropa

Benua Eropa mempunyai karakteristik atau ciri khas yg akan membedakan dari benua-benua lain yg ada di muka bumi ini. Berikut ini sekian banyak karakteristik Benua Eropa.
  1. Benua Eropa mempunyai tidak sedikit fyord di wilayah Utara (Skandina dirinya).
  2. Benua Eropa mayoritas penduduknya tinggal di daerah perkotaan.
  3. Benua Eropa mengaplikasikan pemakaian mata uang tunggal dikenal dengan nama EURO dan menjadi benua pertama dengan satu mata uang.
  4. Benua Eropa dilalui garis bujur 0 juga sebagai awal penentuan waktu atau jam di dunia.
  5. Di Benua Eropa terdapat wilayah rawa terluas, yakni Rawa Pripet ( 46.950 kilo meter ) di perbatasan Belarusia - Rusia.
  6. Benua Eropa mempunyai lima negeri paling kecil didunia, yakni Liechtenstein, Andora, Monaco, San Marino, & Vatikan.
  7. Di Benua Eropa terdapat negara-negara pelopor kolonisasi & penjelajahan samudra, seperti Inggris, Portugal, Spanyol, Prancis, & Belanda.
  8. Benua Eropa mempunyai pusat bahasa internasional, bahasa Inggris. 
  9. Benua Eropa memiliki bangunan-bangunan keajaiban dunia, seperti menara Eiffel di Prancis, menara Pisa, dan Colosseum di Italia. 

   Baca Juga      Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia

Sekian pembahasan materi tentang Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Eropa semoga bermanfaat.