Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia

Karakteristik Fisik dan Sosial Benua Asia dan Samudra - Pernahkah kalian melepas pandangan ke segala arah dari area yg tinggi. Dari ruang yg tinggi kalian dapat menonton seakan-akan bumi kita kelihatan yang merupakan wilayah daratan luas yg datar. Kesan datar tersebut muncul keterbatasan pandangan mata kita. Keadaan permukaan bumi kita yg sebenarnya yakni tak rata. Ada wilayah daratan yg menjulang tinggi seperti daerah gunung, pegunungan & dataran tinggi pun ada pun wilayah dipermukaan bumi ini yg berupa dataran rendah, cekungan yg berisi air seperti halnya sungai, danau atau bahkan wilayah perairan yg amat sangat luas yg dinamakan lautan, sikatakan bahwa permukaan bumi ini terdiri atas daratan & perairan atau lautan.

Benua dan Samudra sebagai Satu Kesatuan Wilayah

Permukaan bumi dapat dibedakan atas permukaan bumi daratan dan permukaan bumi lautan. Dalam persebarannya di permukaan bumi, daratan ada yang sempit yang disebut pulau, dan daratan yang luas yang disebut dengan benua. Lalu, bagaimana suatu daratan dapat disebut sebagai pulau atau disebut sebagai benua Daratan disebut sebagai pulau jika luas wilayahnya relatif sempit serta masih adanya pengaruh iklim laut dari lautan yang mengelilinginya. Adapun daratan disebut benua jika luas wilayahnya relatif luas. Sehingga pengaruh iklim laut dari lautan yang mengelilinginya tidak dominan karena kekuatan angin yang berembus dari lautan tidak menjangkau wilayah pedalaman.
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia
Seperti halnya dengan daratan, perairan laut juga dapat dibedakan atas laut dan samudra. Suatu perairan disebut laut jika memiliki luas wilayah yang relatif sempit dan masih terkena pengaruh kondisi iklim daratan. Sementara itu, suatu perairan disebut samudra jika memiliki wilayah yang luas dan tidak lagi terpengaruh oleh kondisi iklim di daratan. Dilihat dari kedalamannya, samudra memiliki kedalaman rata-rata yang lebih besar daripada laut. Hal ini dikarenakan samudra memiliki kerak atau penampangnya sendiri yang disebut sebagai kerak samudra. Sementara itu, kerak atau penampang laut pada umumnya hanyalah kelanjutan dari kerak atau penampang benua yang merosot dan terendam oleh perairan.

Tetapi demikian, ke-2 aspek penyusun muka bumi tersebut tak mampu dipisahkan satu sama lain, keberadaan keduanya saling melengkapi. Hilangnya atau rusaknya salah satu hal penyusun muka bumi itu dapat berakibat musnahnya kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Yang merupakan efek adanya penyinaran matahari, benua memberikan pengaruh aliran hawa yg panas & kering, sedangkan samudra memberikan pengaruh aliran hawa yg dingin & lembap. Juga Sebagai satu  kesatuan wilayah, perpaduan kondisi yang bertolak belakang tersebut akan menghasilkan suatu pola tatanan iklim global yang seimbang lantaran adanya perbedaan tekanan hawa ygditimbulkan. Elemen tersebut dapat membuahkan falsafah angin yg mampu saling isi antarwilayah di muka bumi ini.

Karakteristik Fisik dan Sosial Benua Asia dan Samudra

Karakteristik Fisik dan Sosial Benua Asia dan Samudra - Benua adalah daratan luas yang berada di permukaan bumi. Dalam persebarannya, benua ada yang dihuni oleh manusia dan ada yang tidak dihuni. Benua yang dihuni manusia adalah Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika, Benua Eropa, dan Benua Australia. Adapun benua yang tidak dihuni oleh manusia adalah Benua Antartika karena merupakan benua terdingin yang selalu tertutup es.
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia
Peta kawasan Benua Asia. Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia
Samudra adalah ketampakan muka bumi yang berupa perairan yang sangat luas. Berdasarkan luas permukaannya, samudra dapat dibagi atas empat samudra besar, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Arktik. Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian tentang benua dan samudra berikut ini.

Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia

a . Letak, Luas, dan Batas Benua Asia

Letak, Luas, dan Batas Benua Asia - Asia yaitu benua paling besar didunia karena memiliki luas mencapai 43.998.920 km , meliputi hampir 30,6 dari luas wilayah daratan dunia. Secara astronomis, wilayah Benua Asia terletak antara 15 BT - 180 BT dan 75 LU - 11 LS dengan batas-batas wilayah berikut ini.
  1. Wilayah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik (Kutub Utara).
  2. Wilayah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia.
  3. Wilayah Barat dengan Benua Eropa dan Laut Merah.
  4. Wilayah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.

b. Kondisi Fisik Benua Asia

Kondisi Fisik Benua Asia - Benua Asia mempunyai relief & keadaan alam yg bervariasi, dimana ada titik paling atas & ada titik terendah, ada dataran tinggi & ada dataran rendah, ada kawasan yg teramat panas & ada kawasan berhawa teramat dingin, ada daerah subur & ada daerah tandus.
  • 1 ) Iklim Benua Asia
Berdasarkan letak lintangnya, Benua Asia dilalui garis khatulistiwa (0 derajat) di bagian Tenggara  (Indonesia) dan garis balik Utara pada lintang 23 LU. Kondisi ini menyebabkan benua ini memiliki variasi iklim berikut ini.
a) Iklim monsun tropis, terjadi di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.
b) Iklim subtropis, terjadi di kawasan Asia Tengah dan Asia Timur.
c) Iklim gurun, terjadi di kawasan Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Timur.
d) Iklim dingin, terjadi di kawasan Siberia (Asia Utara).
  • 2 ) Gurun di Benua Asia
Asia merupakan benua yang memiliki banyak wilayah gurun, yaitu Gurun Arab ( 2.590.000 km ) di Asia Barat, Gurun Thar ( 453.000 km ) di perbatasan Asia Barat dan Asia Selatan, Gurun Karakum (350.000 km ) di perbatasan Asia Tengah dan Eropa Timur, Gurun Kyzykum ( 298.000 km ) di Asia Tengah, serta Gurun Gobi ( 1.295.000 km ) dan Gurun Taklimakan ( 272.000 km ) di kawasan Asia Timur. Gurun-gurun di Asia memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan gurun-gurun yang ada di benua lain. Berikut ini beberapa keunikan dari gurun-gurun di Asia.

  • Gurun Gobi merupakan gurun terdingin di dunia, suhunya bisa mencapai -40 C.
  • Gurun Arab merupakan gurun paling berpasir di dunia. Umumnya, gurun hanya memiliki 10 - 15 pasir, sementara di Gurun Arab memiliki kandungan pasir yang lebih besar.
  • Letak gurun tertinggi dan gurun terendah terdapat di RRC. Gurun tertinggi berada di Lembah Aidam (2.600 m dari permukaan laut) sedangkan gurun terendah berada di Lembah Tupan atau Turfan (150 m di bawah permukaan laut).
  • 3 ) Gunung dan pegunungan Benua Asia
Gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung api. Gunung dan pegunungan yang terkenal di Asia, yaitu Pegunungan Himalaya - Karakoram di Nepal, Pegunungan Hindukush di perbatasan Afghanistan dan Pakistan, Pegunungan Altay dan Kunlun di RRC, Pegunungan Arakan Yoma di Asia Tenggara, Pegunungan Bukit Barisan dan Pegunungan Jaya Wijaya di Indonesia, Pegunungan Sulaiman di Afghanistan, dan Pegunungan Ghat di India. Puncak-puncak tertinggi terdapat di Pegunungan Himalaya, yaitu Gunung Everest (8.848 m) yang merupakan puncak tertinggi di dunia.
  • 4 ) Dataran tinggi di Benua Asia
Benua Asia juga memiliki banyak wilayah dataran tinggi, yaitu Dataran Tinggi Tibet di bagian Barat Daya Cina yang merupakan dataran tinggi terluas dan tertinggi (ketinggiannya mencapai 4.875 m dari permukaan laut), Dataran Tinggi Dekkan di India, Dataran Tinggi Anatolli di Turki (Asia Barat), Dataran Tinggi Mongolia di Asia Tengah, Dataran Tinggi Afghanistan, dan Dataran Tinggi Siberia di bagian Utara Asia.
  • 5 ) Dataran rendah dan sungai di Benua Asia
Dataran rendah dan sungai di Benua Asia - Dataran rendah Asia, misalnya Dataran Rendah Pakistan Timur, Dataran Rendah Asia Tenggara, Dataran Rendah Siberia Barat, dataran rendah di sebelah Timur Laut Kaspia, dataran rendah di India Utara dan Bangladesh, Dataran Rendah Irak, serta Dataran Rendah Cina Timur. Dataran-dataran rendah tersebut pada umumnya dialiri sungai-sungai utama, yaitu Sungai Ob di Siberia, Sungai Indus di Pakistan, Sungai Gangga dan Brahmaputra di India-Bangladesh, Sungai Tigris dan Eufrat di Irak, Sungai Yang Tse dan Sungai Huang Ho di Cina, serta Sungai Mekong dan Sungai Chao Praya di Asia Tenggara. Aliran Sungai Brahmaputra memiliki wilayah delta terluas, yaitu mencapai 75.000 km .
  • 6 ) Danau di Benua Asia
Danau di Benua Asia - Benua Asia memiliki banyak danau. Beberapa danau utama di kawasan Asia, yaitu Danau Laut Kaspia di perbatasan Kazakstan, Turkmenistan, dan Iran (Asia Barat) yang merupakan danau terluas di dunia Danau Aral dan Danau Balkhash di Kazakstan Danau Baykal yang merupakan danau terdalam di dunia dan Danau Chany di Siberia (Asia Utara) Danau Tonle Sap dan Danau Toba di Asia Tenggara serta Danau Tsinghai, Danau Lung Ting Hu, Danau Po Tang Ha, dan Danau Tal di Cina (Asia Timur).

  • 7 ) Flora dan fauna
Variasi iklim memengaruhi ariasi flora dan faunanya. Di bagian Utara yang dingin, tumbuhan yang dominan adalah jenis tumbuhan tundra, seperti pohon-pohon berdaun jarum, lumut, dan rumput sedangkan fauna khasnya adalah beruang siberia, rusa kutub, anjing laut, dan rubah. Di bagian tengah didominasi kawasan stepa dan sabana karena sedikit hujan. Di bagian Selatan, yang banyak terjadi hujan, terdapat kawasan hutan hujan yang memiliki beraneka jenis tumbuhan dan hewan. Fauna khas Asia yang dilindungi adalah badak, komodo, panda, gajah, harimau, beruang, dan berbagai jenis burung. Hewan-hewan tersebut perlu dilindungi karena populasinya semakin berkurang.

   Jendela Info     Meskipun hanya memiliki sekitar 30 luas daratan di dunia, namun Benua Asia memiliki jumlah penduduk terbanyak, bahkan mencapai 3/5 dari seluruh jumlah penduduk dunia.

c. Kondisi Sosial Benua Asia

Asia adalah benua yang memiliki jumlah penduduk terbesar, hampir sepertiga penduduk dunia tinggal di daratan terluas di dunia ini. Data tahun 2003 menunjukkan bahwa penduduk Asia telah mencapai lebih dari 3.830 juta jiwa dengan rata-rata kepadatan penduduknya mencapai 120 jiwa/km . Kawasan padat penduduk di Asia terdapat di wilayah Cina bagian Timur, Jepang, India, dan Pulau Jawa (Indonesia). Keadaan penduduk Asia terdiri atas multiras yang telah berasimilasi. Namun, dalam lingkungan regional tertentu masih terdapat ras-ras yang dominan, misalnya di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara didominasi oleh Ras Mongoloid (berkulit kuning), di wilayah Asia Utara dan Asia Tengah (Asia-Rusia) didominasi oleh Ras Kaukasoid atau Europoid (berkulit putih), dan di wilayah Asia Barat dan Asia Selatan terdapat Ras Negroid (berkulit hitam).
Ras Mongoloid, berkulit kuning dan bermata sipit, identik sebagai penduduk Asia.
Ras Mongoloid, berkulit kuning dan bermata sipit, identik sebagai penduduk Asia.
Agama mayoritas di Asia adalah agama Islam. Akan tetapi, agama-agama lain juga berkembang pesat di beberapa wilayah tertentu, misalnya agama Hindu di India dan Nepal, agama Buddha dan Kong Hu Cu di Indochina, dan agama Shinto di Jepang.

Wilayah Asia terkenal sebagai daerah pertanian yang subur. Daerah pertanian yang baik, yaitu terdapat di Lembah Sungai Gangga dan Brahmaputra (India), Lembah Sungai Indus (Pakistan), Lembah Sungai Eufrat dan Tigris (Irak), kawasan Pantai Timur Cina (terdapat Lembah Sungai Huang Ho dan Sungai Yang Tse serta terdapat hamparan tanah loss yang subur), serta lembah Sungai Chao Praya, Irawadi, dan Mekong di kawasan Asia Tenggara.

Hasil-hasil pertanian tersebut pada umumya digunakan untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan para penduduk. Selain itu, diupayakan juga pengelolaan perkebunan dan kehutanan untuk bahan baku industri. Perkebunan dan kehutanan banyak diusahakan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Hal ini dikarenakan pengaruh iklim tropis yang banyak terjadi hujan sehingga cepat menumbuhkan berbagai jenis tanaman.

d. Karakteristik Benua Asia

Benua Asia memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakannya dengan benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Asia.
  1. Benua Asia merupakan benua terluas & memiliki penduduk terbanyak.
  2. Di Benua Asia terdapat negara RRC, India, dan Indonesia dimana penduduknya merupakan terbesar di dunia.
  3. Di Benua Asia di kawasan kawasan Jazirah Arab juga terdapat negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia.
  4. Benua Asia diketahui sebagai tempat muncul & berkembang agama besar di dunia, yaitu agama Islam di Arab Saudi, agama Kristen & Katolik di Yerusalem, agama Hindu & Buddha di India, serta agama Kong Hu Cu di RRC.
  5. Di Benua Asia tidak sedikit terdapat bangunan mengandung histori tinggi, bahkan telah digolongkan menjadi 7 keajaiban dunia, seperti Tembok Besar di China, Kakbah di Arab Saudi, Taj Mahal di India, & Candi Borobudur di Indonesia.
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia
Candi Borobudur di Indonesia
   Baca Juga      Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Eropa

Sekian pembahasan mengenai Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Asia semoga dapat memberi manfaat.