Membacakan Teks Perangkat Upacara

Menjelaskan hal yang harus diperhatikan ketika membacakan teks saat upacara berkaitan dengan karakter dan suasana - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai membaca teks perangkat upacara yang diantaranya adalah Pembukaan UUD 45, Pancasila dan Janji Siswa, adapun tujuan dari pembahasan ini adalah agar nantinya sobat dapat memahami isi berbagai teks perangkat upacara dan membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat, untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam penjelasan singkat berikut ini!

Membacakan Teks Perangkat Upacara dengan Artikulasi dan Intonasi

Beberapa teknik membaca telah kalian pelajari pada pembelajaran terdahulu. Sudah dapatkah kalian menerapkan teknik membaca yang tepat untuk mendapatkan informasi dari suatu teks. Pada pembelajaran kali ini, kalian akan mempelajari mengenai membaca teks perangkat upacara. Sebagaimana kalian ketahui bahwa setiap hari-hari besar nasional atau setiap Senin pagi, kita selalu melaksanakan upacara bendera. Upacara tersebut sebagai bentuk latihan kedisiplinan dan penghormatan kita terhadap jasa-jasa para pahlawan bangsa.

Dalam setiap upacara, kita juga menjumpai adanya pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Janji Siswa, dan Doa. Masing-masing teks mempunyai cara pembacaan yang berbeda. Hal ini disebabkan karena setiap teks memiliki karakter dan muatan isi yang berbeda-beda. Dari perbedaan isi dan karakter ini, menjadikan pembacaan teks tersebut juga harus berbeda.
Membacakan Teks Perangkat Upacara
Membacakan Teks Perangkat Upacara

Sebagian besar kata berafiks me(N) termasuk golongan kata kerja. Ada yang termasuk kata kerja transitif, yaitu kata kerja yang dapat diikuti kata-kata sebagai objeknya. Misalnya kata kerja menulis, membaca, menggali, dan lain-lain. Selain itu, juga ada kata kerja intransitif, yaitu kata kerja yang tidak dapat diikuti kata atau kata-kata sebagai objeknya. Misalnya kata-kata mendarat, membengkok, merokok, dan lain-lain.
Perhatikan contoh berikut.
1. Suku Baduy // menanam // padi // di ladang. (transitif)
2. Pesawat itu // mendarat. (intransitif)


Berkaitan dengan pembacaan teks perangkat upacara secara
umum, beberapa hal yang perlu kalian perhatikan adalah berikut.
  1. Isi teks berkaitan dengan karakter, suasana, dan bentuk. Misalnya: a) Pancasila dan UUD 1945 berkarakter semangat, patriotik, dan sebagainya; b) doa berkarakter khusyuk dan khidmat; c) pembawa acara berkarakter tenang, komunikatif, serius, dan sebagainya.
  2. Kejelasan artikulasi dan kesesuaian intonasi.
  3. Ketenangan dan keseriusan.
  4. Sikap dan penampilan dalam membacakan.
Sebagai bahan latihan, bacakan teks Pembukaan UUD 1945 berikut dengan baik.

UNDANG-UNDANG DASAR
NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945
PEMBUKAAN
Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
(Sumber: UUD 45 dan Perubahannya, 2004)

Berdasarkan teks Pembukaan UUD 1945 di atas, dapat kita ketahui karakter teks tersebut. UUD 1945 merupakan sebuah pengungkapan pandangan bangsa Indonesia terhadap kehidupan kemerdekaan suatu bangsa di dunia, termasuk bangsa Indonesia. Selain itu, dalam teks Pembukaan UUD 1945 dikemukakan rasa syukur bangsa atas anugerah kemerdekaan serta tujuan dari bangsa Indonesia terhadap warga negaranya.

Berdasarkan isi dari teks tersebut, tersirat bahwa karakter teks tersebut adalah berjiwa patriotik, penuh semangat kebangsaan, dan mengandung kekhidmatan yang tegas. Maka itu, dalam membacakan teks Pembukaan UUD 1945 harus dilantunkan dengan nada penuh semangat patriotik dan khidmat. Selain itu, dalam pembacaan juga disertai dengan sikap yang khidmat pula.

Pancasila
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Janji Siswa
Kami siswa-siswi SMPN 1 berjanji:
  1. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu untuk mencapai cita-cita luhur.
  3. Selalu menaati peraturan sekolah demi tegaknya kedisiplinan.
  4. Menjunjung tinggi nama baik sekolah sebagai almamater.
Teks perangkat upacara bermacam-macam, ada teks Pembukaan UUD 1945, teks doa, teks janji siswa, dan teks Pancasila. Setiap teks perangkat upacara memiliki karakter yang berbeda. Maka itu, pembacaannya pun juga berbeda. Pembacaan terhadap teks perangkat upacara harus memerhatikan beberapa hal, di antaranya kejelasan artikulasi dan kesesuaian intonasi; ketenangan dan keseriusan; serta sikap dan penampilan dalam membacakan.

Sekian pembahasan mengenai Membacakan Teks Perangkat Upacara dan juga teks Pembukaan UUD 1945, Pancasil dan contoh Janji Siswa, jika bukan artikel ini yang sobat cari, mungkin materi dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!