Latihan soal PKN Kelas 8 tentang Konstitusi

Latihan soal PKN Kelas 8 tentang Konstitusi
A. Jelaskan konsep-konsep berikut.
• Konstitusi
• Konstituante
• Supremasi
• Reformasi
• Demokrasi Terpimpin
• Rigid
• Presidensial
• Machsstaat
• Nasionalisme
• Parlementer
• Ground wet
• Rechstaat

Latihan soal PKN Kelas 8 tentang Konstitusi
B. Berilah tanda (×) pada jawaban a, b, c, atau d yang paling tepat.
1. Secara sederhana konstitusi dapat diartikan sebagai ....
a. dasar negara
b. dasar hukum negara
c. tata cara perilaku masyarakat
d. undang-undang tertinggi dalam suatu negara

2. Pasal 37 UUD 1945 menunjukkan bahwa UUD 1945 sebagai konstitusi memiliki sifat ….
a. rigid
b. luwes
c. flexible
d. supel

3. Ketentuan yang mensyaratkan bahwa suatu UUD 1945 dapat diubah adalah apabila jika disetujui oleh ….
a. 2/3 anggota DPR
b. 2/3 anggota MPR
c. 2/3 anggota DPD
d. 2/3 anggota Kabinet
Latihan soal PKN Kelas 8 tentang Konstitusi
Latihan soal PKN Kelas 8 tentang Konstitusi
4. Berikut ini yang merupakan prinsip-prinsip negara RI sebagaimana tercantum dalam penjelasan UUD 1945 adalah ....
a. Indonesia ialah negara yang berdasar atas hukum
b. pemerintah berdasar atas sistem konstitusi
c. Presiden bertanggung jawab kepada DPR
d. kekuasaan negara tidak tak terbatas

5. Maksud dari adanya Amandemen konstitusi menurut Sri Soemantri adalah .…
a. mengubah seluruh isi UUD
b. menghilangkan seluruh pasal UUD
c. menambahkan sesuatu yang belum diatur
d. mengubah nama dan suasana kebatinan konstitusi

6. Prinsip dasar bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat dituangkan dalam ....
a. Batang tubuh UUD 1945
b. Penjelasan UUD 1945
c. Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga
d. Pembukaan UUD 1945 alinea keempat

7. Kedaualatan yang dianut negara Republik Indonesia seperti tercermin dalam tujuh kunci pokok sistem pemerintahan Indonesia adalah ....
a. kedaulatan Pemerintah
b. kedaulatan Tuhan
c. kedaulatan negara
d. kedaulatan rakyat

8. Salah satu sistem pemerintahan negara Indonesia menurut UUD 1945 adalah ....
a. pemerintahan berdasarkan atas kekuasaan yang tidak tak terbatas
b. negara berdasarkan sistem konstitusi
c. negara Indonesia berdasarkan atas kekuasaan
d. Presiden bertanggung jawab kepada DPR

9. Berdasarkan Konferensi Meja Bundar maka bangsa Indonesia mengubah bentuk negara Indonesia menjadi negara ….
a. serikat
b. kesatuan
c. presidensial
d. monarkhi

10. Bangsa Indonesia pada periode UUDS 1950 tidak dapat melaksanakan pembangunan karena ada nya dampak negatif dari kabinet ….
a. presidensial
b. parlementer
c. kerajaan
d. demokrasi terpimpin

11. Pernyataan yang mengemukakan bahwa bangsa Indonesia kembali pada UUD 1945 pada 5 Juli 1959 dikenal dengan ....
a. Keputusan Presiden
b. Peraturan Presiden
c. Dekrit Presiden
d. Supersemar

12. Salah satu ciri sistem pemerintahan par lemeter adalah ….
a. presiden bertanggung jawab penuh atas pemerintahan
b. kepala pemerintahan dipimpin oleh Presiden
c. pemerintahan cenderung stabil dan ber tahan lama
d. menteri dan perdana menteri bertang gung jawab pada parlemen (DPR)

13. Sesuai dengan UUD 1945, MPR adalah suatu lembaga pemegang kedaulatan negara. oleh karena itu MPR merupakan ....
a. lembaga tertinggi negara
b. lembaga tinggi negara
c. lembaga perwakilan rakyat
d. lembaga rakyat tertingi

14. MPR berwenang mengubah UUD 1945, hal ini ditegaskan dalam UUD 1945 Pasal .…
a. 1 ayat 2
b. 2 ayat 2
c. 2 ayat 3
d. 3 ayat 1

15. Pentingnya sidang istimewa dilaksanakan oleh MPR adalah ....
a. menjaga kelangsungan dan keutuhan bangsa dan negara
b. meminta pertanggungjawaban Presiden yang melanggar haluan negara
c. menjaga kewibawaan anggota MPR di mata masyarakat
d. mengawasi dan mengontrol tugas presiden selaku mandataris MPR

16. Konstitusi yang sesuai dengan amanat proklamasi adalah ….
a. UUD 1945
b. Konstitusi RIS
c. UUDS 1950
d. Piagam Jakarta

17. Menurut Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 bahwa bangsa Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk ….
a. kerajaan
b. republik
c. Presidensial
d. parlementer

18. Lembaga yang berhak menguji Undang-Undang terhadap UUD adalah ….
a. DPR
b. MPR
c. Mahkamah Agung
d. Mahkamah Konstitusi

19. Salah satu peran serta siswa yang dapat dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat, barbangsa, dan bernegara menurut Undang-Undang Dasar 1945 adalah ....
a. mempelajari bagaimana cara hidup bermasyarakat
b. menyesuaikan diri dengan lingkungan
c. ikut berpartisipasi menjaga ketertiban dan keamanan
d. mengetahui dan melaksanakan semua peratuan

20. Menteri-menteri negara merupakan pejabat-pejabat tinggi negara. Dalam praktik nya, mereka menjalankan kekuasaan pemerintah. Kedudukan menteri negara tersebut sangat bergantung pada ....
a. DPA
b. DPR
c. MPR
d. Presiden

Latihan soal PKN Kelas 8 tentang Konstitusi
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat.
  1. Sebutkan pengertian konstitusi.
  2. Uraikan pengertian konstitusi dalam arti luas dan arti sempit.
  3. Jelaskan secara singkat sejarah disusunnya UUD 1945.
  4. Sebutkan isi dari Konferensi Meja Bundar.
  5. Mengapa Republik Indonesia Serikat tidak bertahan lama?
  6. Apa dampaknegatif bagi bangsa Indonesia ketika diberlakukannya Kabinet Parlementer pada periode UUD Sementara 1950.
  7. Sebutkan isi Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959.
  8. Sebutkan tugas dan wewenang MPR menurut UUD 1945.
  9. Sebutkan pasal dalam UUD 1945 yang telah mengalami perubahan atau penambahan.
  10. Sebutkan bentuk perilaku siswa dalam rangka melaksanakan dan mempertahankan UUD 1945.