Latihan soal PKN Kelas 8 Semester I

Latihan soal PKN Kelas 8 Semester I
A. Berilah tanda (×) pada jawaban a, b, c, atau d yang paling tepat.
1. Undang-Undang yang mengatur tentang tindak pidana korupsi adalah Undang-Undang Nomor …
a. 9 Tahun 1998
b. 31 Tahun 1999
c. 39 Tahun 1999
d. 32 Tahun 2004

2. Tata urutan peraturan perundangan secara nasional diatur dalam ….
a. UU No. 10 Tahun 2000
b. Tap MPR No. III/MPR/2000
c. Tap MPR No. I/MPR/2001
d. UU No. 10 Tahun 2004

3. Kumpulan orang dan/atau kekayaan yang terorganisasi baik merupakan badan hukum maupun bukan badan hukum disebut dengan ….
a. korporasi
b. koperasi
c. firma
d. PT
Latihan soal PKN Kelas 8 Semester I
Latihan soal PKN Kelas 8 Semester I. pic:andikafm.com

4. Lembaga yang mengesahkan UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah …
a. BPUPKI
b. PPKI
c. KNIP
d. MPR

5. Berikut ini yang melakukan penyelidikan dan penyidikan dalam kasus korupsi adalah …
a. hakim
b. advokat
c. tentara
d. polisi dan jaksa

6. Lembaga independen yang di bentuk Presiden dan bertugas membantu menghapuskan korupsi di Indonesia adalah ….
a. Komisi Pemilihan Umum
b. Komisi Nasional HAM
c. Komisi Pemberantasan Korupsi
d. Komisi Pemberantasan Koruptor

7. LSM yang bertugas membantu mengawasi tindak korupsi dan dipimpin oleh Teten Masduki adalah ….
a. ICW
b. GOWA
c. BPR
d. Kontras

8. Norma yang memiliki sanksi paling tegas dan secara nyata dirasakannya adalah norma ....
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum

9. UU dibuat oleh presiden bersama-sama dengan ….
a. MPR
b. DPR
c. MA
d. BPK

10. Berikut ini merupakan dampak apabila rakyat tidak terlibat dalam penyusunan perundangan ....
a. masyarakat akan merasa puas dengan berlakunya hukum
b. seluruh aturan dalam hukum akan dilaksanakan masyarakat
c. masyarakat akan mendukung tegaknya hukum
d. terjadi ketidakpuasan dan ketidakpercayaan pada hukum

11. Lembaga yang bertugas mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 pada 18 Agustus 1945 adalah .…
a. BPUPKI
b. PPKI
c. KNIP
d. MPR

12. Pasal 37 UUD 1945 menunjukkan bahwa UUD 1945 sebagai konstitusi memiliki sifat ….
a. rigid
b. luwes
c. flexible
d. supel

13. Ketentuan yang mensyaratkan bahwa Undang-Undang Dasar 1945 dapat diubah adalah apabila disetujui oleh ….
a. 2/3 anggota DPR
b. 2/3 anggota MPR
c. 2/3 anggota DPD
d. 2/3 anggota Kabinet

14. Konvensi sebagai konstitusi tidak tertulis disebut sebagai ….
a. kebiasaan
b. undang-undang
c. kodifikasi
d. adat

15. Maksud dari amendemen konstitusi menurut Sri Soemantri adalah .…
a. mengubah seluruh isi UUD
b. menghilangkan seluruh pasal UUD
c. menambahkan sesuatu yang belum diatur
d. mengubah nama dan suasana kebatinan konstitusi

16. Agar konstitusi bersifat flexible maka konstitusi memuat .…
a. aturan sederhana
b. seluruh permasalahan
c. aturan pokok
d. hanya hak warga negara

17. Isi dekrit Presiden adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. pembubaran konstituante
b. UUD 1945 berlaku kembali
c. dibentuknya DPRS dan DPAS
d. pembubaran PKI

18. MPR berwenang mengubah UUD 1945, hal ini ditegaskan dalam UUD 1945 Pasal ….
a. 1 ayat 2
b. 2 ayat 2
c. 2 ayat 3
d. 3 ayat 1

19. MPR telah melaksanakan perubahan (amandemen) terhadap UUD 1945 sebanyak ….
a. tiga kali
b. empat kali
c. lima kali
d. enam kali

20. Konstitusi yang sesuai dengan amanat proklamasi adalah ….
a. UUD 1945
b. Konstitusi RIS
c. UUDS 1950
d. Piagam Jakarta

21. Menurut Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 bahwa bangsa Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk ….
a. kerajaan
b. republik
c. presidensil
d. parlementer

22. Pancasila disahkan menjadi dasar Negara Kesatuan Republik (NKRI) Indonesia dalam sidang lembaga di bawah pimpinan ….
a. ketua dari Konstituante, Wilopo
b. ketua dari PPKI, Ir. Soekarno
c. ketua dari BPUPKI, Radjiman Wediodiningrat
d. ketua dari MPRS, Jenderal A. Nasution

23. Bagi bangsa Indonesia, ideologi berfungsi sebagai berikut, kecuali ....
a. struktur kognitif, keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan sebuah landasan untuk memahami kejadian-kejadian dalam alam sekitar
b. orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan dalam kehidupan manusia
c. norma-norma yang menjadi pegangan dan pedoman bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak
d. sarana untuk mencapai kepentingan sesaat dan sejumlah golongan rakyat tertentu

24. Kalimat yang berisi kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya di dalam Piagam Jakarta kemudian diubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” dalam Pembukaan UUD 1945 dengan tujuan .…
a. menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia
b. menjamin kebebasan beragama dan beribadah
c. menunjukkan bangsa Indonesia bhinneka dalam hal agama
d. agar tercipta kerukunan hanya dalam umat seagama saja

25. Pernyatan-pernyataan berikut ini adalah benar, kecuali ….
a. Pancasila adalah pandangan hidup bangsa
b. Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia
c. Pancasila adalah sumber tertib hukum tertinggi
d. Pancasila adalah landasan idiil bangsa Indonesia

26. Melalui Ketetapan MPR No. III/MPR/2000 maka Pancasila berfungsi sebagai .…
a. dasar negara
b. pandangan hidup
c. satu-satunya asas
d. alat pemersatu bangsa

27. Sistematika sila-sila dalam Pancasila disebut juga sistematik hierarkis, artinya ….
a. sila kedua merupakan penjelasan sila ketiga, sila ketiga merupakan penjelasan sila kedua, dan seterusnya
b. sila-sila Pancasila dapat dipertukarkan urutannya, karena artinya sama saja
c. merupakan bagian yang tak terpisahkan
d. kelima silanya merupakan suatu rangkaian bertingkat berjenjang

28. Beberapa alasan bangsa Indonesia memilih ideologi Pancasila adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. mengambil ideologi lain kemudian di masukkan ke dalam negara kita, itu juga merupakan percobaan
b. Ideologi Pancasila tidak perlu digali lagi karena sudah sesuai dengan buku Negarakertagama
c. Ideologi yang ada di dunia memiliki banyak kekurangan
d. Ideologi Pancasila terkandung budaya bangsa Indonesia

29. Sikap chauvinisme bertentangan dengan ajaran Pancasila terutama sila .…
a. pertama dan kedua
b. kedua dan kelima
c. ketiga dan kedua
d. keempat dan pertama

30. Istilah Pancasila lahir pada 1 Juni 1945. Namun, rumusannya terdapat dalam ....
a. Pembukaan UUD 1945
b. Piagam Jakarta
c. Buku Sutasoma
d. Buku Negara Kertagama

Latihan soal PKN Kelas 8 Semester I
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat.
  1. Sebutkan tahapan penyusunan UU.
  2. Uraikan pengertian konstitusi dalam arti luas dan arti sempit.
  3. Sebutkan isi dari Konferensi Meja Bundar.
  4. Sebutkan dua macam produk hukum yang dibuat oleh MPR.
  5. Sebutkan pengertian konstitusi.
  6. Sebutkan lembaga yang menyusun UUD 1945.
  7. Kemukakanlah bahwa nilai-nilai Pancasila merupakan kristalisasi nilai luhur bangsa Indonesia.
  8. Sebutkan secara singkat sejarah disusunnya UUD 1945.
  9. Apakah fungsi ideologi bagi bangsa Indonesia?
  10. Sebutkan Isi dari Pancasila menurut Ir. Soekarno dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
  11. Sebutkan fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara.
  12. Sebutkan isi Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959.
  13. Sebutkan perilaku siswa dalam rangka melaksanakan dan mempertahankan UUD 1945.
  14. Apakah yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka?
  15. Kemukakan kecenderungan yang terjadi jika Pancasila tidak dilaksanakan secara totalitas.
Jawaban b:
1.
  • RUU disampaikan secara tertulis kepada pimpinan DPR, lalu ditandatangani sekurang-kurangnya 10 anggota DPR.
  • Selanjutnya, RUU dibawa ke rapat paripurna.
  • Apabila disetujui tanpa perubahan. Rapat paripurna memutuskan apakah usul RUU tersebut dapat secara prinsip diterima menjadi RUU usul dari DPR atau tidak. Rapat paripurna didahului dengan penjelasan pengusul dan pendapat fraksi-fraksi.
  • Apabila disetujui dengan perubahan, DPR menugaskan kepada komisi, badan legislasi, atau panitia khusus untuk membahas dan menyempurnakan RUU usul dari DPR.
  • RUU disampaikan kepada presiden oleh pimpinan DPR dengan permintaan agar presiden menunjuk menteri yang akan mewakili pemerintah dalam melakukan pembahasan RUU tersebut bersama dengan DPR.
  • Dalam rapat paripurna, ketua rapat memberitahukan dan membagikan usul RUU kepada anggota DPR.
  • Kemudian, dibentuk badan musyawarah.
  • Rapat badan musyawarah menentukan waktu pembicaraan dalam rapat paripurna. 
2.
  • Dalam pengertian luas (dikemukakan oleh Bolingbroke), konstitusi berarti keseluruhan dari ketentuan-ketentuan dasar atau hukum dasar. Seperti halnya hukum pada umumnya, hukum dasar juga tidak selalu dalam dokumen tertulis. Hukum dasar dapat terdiri dari unsure-unsur tertulis atau tidak tertulis atau dapat juga merupakan campuran dari dua unsur tersebut. Contohnya UUD, UUD Organik, Peraturan perundang-undangan dan kebiasaan. 
  • Dalam pengertian sempit (dikemukan oleh Lord Bryce), konstitusi berarti piagam dasar atau UUD, yaitu suatu dokumen lengkap mengenai peraturan peundang-undangan dasar Negara. UUD 1945, Konstitusi Amerika Serikat 1787, Konstitusi Prancis 1789, dan Konstitusi Konfederasi Swiss 1848 merupakan contohnya. Jadi, konstitusi dalam arti sempit berarti sebagian dari hukum dasar yang merupakan satu dokumen tertulis yang lengkap.
3. isi dari Konferensi Meja Bundar
  • Keradjaan Nederland menjerahkan kedaulatan atas Indonesia jang sepenuhnja kepada Republik Indonesia Serikat dengan tidak bersjarat lagi dan tidak dapat ditjabut, dan karena itu mengakui Republik Indonesia Serikat sebagai Negara yang merdeka dan berdaulat.
  • Republik Indonesia Serikat menerima kedaulatan itu atas dasar ketentuan-ketentuan pada Konstitusinja; rantjangan konstitusi telah dipermaklumkan kepada Keradjaan Nederland.
  • Kedaulatan akan diserahkan selambat-lambatnja pada tanggal 30 Desember 1949
4. dua macam produk hukum yang dibuat oleh MPR
  • Ketetapan MPR dan Keputusan MPR 
5. konstitusi adalah keseluruhan sistem ketatanegaraaan suatu negara yang berupa kumpulan peraturan yang membentuk mengatur /memerintah dalam pemerintahan suatu negara. Herman heller, konstitusi mempunyai arti luas daripada UUD. Konstitusi tidak hanya bersifat yuridis tetapi juga sosiologis dan politis.

6. Penyusun : BPUPKI dan Menetapkannya PPKI