Latihan soal IPS Kelas 9 tentang UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN

Latihan soal IPS Kelas 9 tentang UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN

Gunakan menu search untuk mencari jawaban!
A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Kegiatan-kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat adalah ... .
a. menghimpun dana dalam bentuk simpanan tabungan
b. memberikan pinjaman kepada masyarakat
c. menerima simpanan berupa giro
d. menghimpun dana dalam bentuk simpanan deposito

2. Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang telah disepakati. Syarat-syarat tertentu penarikan artinya ... .
a. sesuai perjanjian yang telah dibuat antara bank dengan si penabung
b. sesuai jenis tabungan dan fasilitas yang diberikan pada penabung
c. sesuai perintah pembayaran lainnya
d. sesuai jangka waktu yang telah ditentukan

3. Setiap Pak Setyo mendapatkan gaji, Pak Setyo selalu menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung. Motif Pak Setyo menabung adalah untuk ... .
a. transaksi
b. berjaga-jaga
c. spekulasi
d. memperoleh laba
[Image]
Latihan soal IPS Kelas 9 tentang UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN
4. Gambar di atas adalah ... .
a. sertifikat deposito
b. buku tabungan
c. ATM
d. kartu kredit

5. Perhatikan tabel di bawah ini. Jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkan adalah ... .
No. Jenis Uang
1. Uang logam
2. Uang kartal
3. Uang bernilai penuh
4. Uang kertas
5. Uang giral

a. 1, 4
b. 2, 5
c. 2, 4
d. 3, 5

6. Sebuah buku paket IPS Ekonomi kelas I harganya Rp45.000,00. Uang
Rp45.000,00 tersebut termasuk sebagai ... .
a. satuan hitung
b. penunjuk harga
c. alat tukar-menukar
d. alat pembayaran

7. Pak Andi memiliki tanah seluas 200 m2 di kota Semarang. Pak Andi sekeluarga bermaksud pindah ke kota Bandung. Tanah yang di Semarang dijual dan dari hasil penjualan tersebut dibelikan tanah di Bandung. Contoh di atas menunjukkan uang sebagai ... .
a. satuan penukar
b. satuan hitung
c. alat pemindah kekayaan
d. alat pembayaran

8. Bila harga telur Rp13.000,00 sedangkan harga minyak goreng Rp26.000,00, maka nilai minyak goreng sama dengan dua kali nilai telur. Fungsi uang tersebut sebagai ... .
a. alat tukar
b. alat pembayaran
c. alat satuan hitung
d. alat penunjuk harga

9. Marthin seorang mahasiswa dari Papua yang kuliah di Jakarta. Ia seorang mahasiswa teladan dan mendapat predikat nilai cumlaude. Karena prestasinya ini, ayahnya memberi hadiah uang untuk ditabung. Hal tersebut menunjukkan fungsi uang sebagai ... .
a. alat tukar menukar
b. alat satuan hitung
c. alat penimbun kekayaan
d. alat pembayaran

10. Pak Jhony Hutapea setiap bulan membayar rekening telepon dan listrik rumahnya. Sebagai warga negara yang baik, ia juga tidak lupa membayar pajak. Dalam hal ini uang menunjukkan fungsi sebagai ... .
a. alat satuan hitung
b. alat pembayaran
c. alat tukar menukar
d. alat penunjuk harga

11. Ketika liburan semester tiba, siswa kelas I termasuk Ika mengadakan acara darmawisata ke pulau Bali. Mereka juga berbelanja oleh-oleh dari Bali antara lain salak bali dan kaos. 1 kg salak bali seharga Rp10.000,00 dan kaos seharga Rp65.000,00. Dalam hal ini, uang berfungsi sebagai ... .
a. alat pembayaran
b. alat tukar menukar
c. alat penunjuk harga
d. alat satuan hitung

12. Pak Teddy adalah pengusaha furniture skala nasional. Dalam membayar setiap transaksi, ia menggunakan cek dan bilyet giro. Cek dan bilyet giro adalah contoh uang ... .
a. kartal
b. giral
c. bernilai penuh
d. tanda

13. Pak Wayan seorang pengusaha dari Bali. Ia selalu menyimpan laba usahanya dalam bentuk deposito. Simpanan depositonya dapat diambil setelah jangka waktu 3 bulan. Simpanan deposito Pak Wayan termasuk jenis ... .
a. sertifikat deposit
b. deposito on call
c. deposito berjangka
d. giro

14. Berdasarkan soal nomor 13. Pak Wayan disebut sebagai ... .
a. nasabah
b. deposan
c. pialang
d. komisioner

15. Perhatikan tabel di bawah ini, yang menunjukkan mata uang negara-negara Asia Tenggara adalah ... .
Nama mata uang
1. Ringgit
2. Rupiah
3. Rupee
4. Peso
5. Bath

a. 1, 2, 4, 5
b. 1, 3, 4, 5
c. 2, 3, 4, 5
d. 1, 2, 3, 5

16. Perhatikan pernyataan berikut ini
1) mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah
2) menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
3) mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
4) mengatur dan mengawasi bank

Tujuan Bank Indonesia menurut UU RI No. 3 Tahun 2004 Pasal 7 ditunjukkan nomor ... .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

17. Perhatikan susunan bank di bawah ini. Bank yang termasuk milik swasta nasional adalah ... .
No. Nama Bank
1. BTN
2. BCA
3. Bank Niaga
4. BNI
5. City Bank
6. Bank Danamon
7. Bank Jabar

a. 2, 3, 6
b. 2, 5, 7
c. 3, 5, 6
d. 1, 4, 7

18. Pak Bambang seorang karyawan perusahaan tekstil. Saat bekerja ia mengalami kecelakaan dan mengakibatkan cacat permanen. Karena Pak Bambang ikut menjadi peserta jamsostek, ia mendapat uang pertanggungan. Jamsostek termasuk asuransi ... .
a. reasuransi
b. sosial
c. kerugian
d. berjangka

19. Perhatikan tabel berikut
1. BNI
2. BCA
3. ABN AMRO
4. BPR Insani

Bank yang tidak boleh menerima simpanan dalam bentuk giro ditunjukkan nomor ... .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

20. Perhatikan tabel berikut ini
1. Hongkong Bank
2. Lippo Bank
3. Bank Central Asia
4. Bank Rakyat Indonesia

Dari tabel di atas, yang termasuk bank swasta asing adalah ... .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4


Latihan soal IPS Kelas 9 tentang UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN
B. Kerjakan soal-soal berikut!
  1. Jenis uang apa saja yang kalian ketahui?
  2. Jelaskan mengapa uang kertas disebut juga sebagai uang kepercayaan?
  3. Menurut pendapat kalian, apa manfaat menabung di bank?
  4. Berikan pendapatmu, mengapa dolar AS dijadikan uang internasional?
  5. Jika dahulu barter dilakukan pada masyarakat yang masih primitif, apakah di zaman sekarang barter masih ditemukan Berilah contohnya?
  6. Cobalah cari tahu alasan bank sentral untuk mencabut, menarik, dan memusnahkan uang dari peredaran?
  7. Bank Indonesia pernah mengeluarkan Paket Kebjaksanaan Oktober 2006. Menurut kalian, apa tujuan Bank Indonesia menetapkan kebijakan tersebut?
  8. Pergilah ke pegadaian yang ada di daerahmu Tanyakan pada petugas pegadaian produk dan jasa yang ditawarkan pada masyarakat?
  9. Lembaga keuangan bukan bank atau lembaga pembiayaan lainnya sekarang ini banyak bermunculan. Menurut pendapat kalian, apakah keberadaannya dapat membantu masyarakat dalam penyediaan dana?
  10. Menurut pendapat kalian, bagaimanakah peran lembaga-lembaga keuangan
    bukan bank dalam perekonomian?