Menunjukkan Hubungan Isi Dongeng dengan Situasi Sekarang

Menunjukkan relevansi isi dongeng - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini mengenai hubungan isi dongeng dengan kehidupan manusia di saat ini, adapun tujuan pembelajaran ini agar nantinya sobat dapat mengungkapkan pokok-pokok isi dongeng dan menunjukkan hubungan isi dongeng dengan situasi sekarang, untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam penjelasan singkat berikut ini!

Menunjukkan Hubungan Pokok Isi Dongeng dengan Kehidupan Nyata

Pada pembelajaran sebelumnya, kalian telah mempelajari mengenai dongeng. Menarik, bukan? Tentunya kalian sudah dapat menemukan kemenarikan-kemenarikan dari sebuah dongeng. Dongeng merupakan salah satu karya sastra lama yang hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. Sifat yang paling menonjol dalam sebuah dongeng adalah uraiannya bersifat khayal atau fantastis. Dalam dongeng, fantasi sangat berperan sehingga segala sesuatunya serba mungkin dan dapat terjadi.

Dongeng disajikan oleh penciptanya sebagai sebuah gambaran perilaku nyata yang memiliki muatan-muatan pesan moral. Pesan moral tersebut disampaikan agar pendengar dapat mengambil hikmah dari kisah yang disampaikan. Oleh karena itu, tidak mustahil jika dalam dongeng terdapat peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan kejadian nyata. Hal ini disebabkan dongeng-dongeng selain disajikan sebagai hiburan, juga disajikan sebagai perenungan kehidupan manusia.

Hubungan dongeng dengan keadaan saat ini dapat dilihat dari sudut isi cerita, perwatakan tokoh, maupun urutan kejadiannya. Memahami isi sebuah dongeng yang diperdengarkan diperlukan konsentrasi yang sungguh-sungguh. Dengan demikian, kita dapat mengetahui alur peristiwa secara kronologis atau sesuai urutan waktu, latar tempat dan motif peristiwanya, serta hubungannya dengan kehidupan nyata.

Salah satu contoh dongeng yang dapat kalian hubungkan isi dongeng dengan kehidupan saat ini adalah kisah “Si Malin Kundang Anak Durhaka”.

Sebelumnya, kalian akan membahas terlebih dahulu isi cerita, perwatakan tokoh, maupun urutan kejadiannya, sebagai berikut.

1. Isi cerita

Isi cerita berkaitan dengan tema dan amanat. Tema yang dapat kalian simpulkan dari dongeng “Si Malin Kundang Anak Durhaka” adalah cinta dan kasih sayang seorang ibu yang tercurah kepada anak merupakan cinta kasih yang tulus dan tidak ternilai harganya. Pengkhianatan atau pendurhakaan terhadap ibu atau orang tua akan menghadirkan malapetaka. Amanat yang terkandung dalam dongeng tersebut dapat kalian kemukakan di antaranya seorang anak yang baik akan selalu berbakti dengan membalas kebaikan dan kasih sayang yang telah ibu berikan kepadanya. Misalnya membuat ibu senang dan bangga; merawat ibu di hari-hari senjanya seperti ibu telah merawat kita di kala kecil dulu; dan sabagainya.

2. Perwatakan tokoh

Tokoh utama dalam cerita “Si Malin Kundang Anak Durhaka” adalah Mande Rubayah dan Malin Kundang. Mande Rubayah adalah seorang ibu yang sungguh mencintai anaknya dengan tulus. Adapun Malin Kundang adalah seorang yang kaya, lupa kepada orang tuanya, durhaka, dan sombong.

3. Urutan kejadian

Dalam cerita tersebut dikisahkan bahwa pada mulanya Malin Kundang adalah seorang anak yang baik dan sayang dengan orang tua. Namun, setelah ia menjadi seorang yang kaya, ia menjadi lupa daratan, lupa terhadap orang tuanya, tertutup hati untuk melihat kenyataan, serta bersifat sombong, tamak, dan angkuh. Pada akhirnya, anak durhaka tersebut mendapat balasan dari Tuhan karena kedurhakaannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalian dapat menunjukkan hubungan isi dongeng “Si Malin Kundang Anak Durhaka” dengan situasi sekarang, sebagai berikut.

Peristiwa yang dikisahkan dalam dongeng tersebut dapat diamati dalam kehidupan nyata sekarang. Dalam kehidupan sekarang ini, masih banyak di antara kita yang kurang peduli dengan ibu atau bapaknya. Seringkali seorang anak hanya menuntut ini dan itu tanpa pernah mau mengerti dan peduli kondisi orang tua. Banyak anak-anak yang sering merepotkan orang tua tanpa pernah mau membantu meringankan bebannya dalam merawat sang anak.

Meskipun kisah Malin Kundang tersebut adalah kisah fiksi, tapi dapat kita lihat bahwa dalam kehidupan di sekitar kita saat ini terdapat jenis orang yang berkarakter demikian. Selain itu, peristiwa-peristiwa anak durhaka juga masih banyak terjadi di kehidupan sekarang.

Dongeng disajikan sebagai sebuah gambaran perilaku nyata yang memiliki muatan-muatan pesan moral. Hubungan sebuah dongeng dengan keadaan saat ini dapat dilihat dari sudut isi cerita, perwatakan tokoh, maupun urutan kejadiannya.

Sekian pembahasan materi Menunjukkan Hubungan Isi Dongeng dengan Situasi Sekarang semoga dapat mudah dipahami dan penjelasannya mudah dimengerti, jika bukan artikel ini yang sobat cari, mungkin materi dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!