Membaca Memindai untuk Menemukan Makna Kata Tertentu dalam Kamus

Membaca Memindai untuk Menemukan Makna Kata Tertentu dalam Kamus - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai cara cepat memindai buku atau kamus serta menemukan makna kata atau istilah yang dicari dengan cepat, untuk lebih memahami materi ini, silahkan simak penjelasan singkat berikut ini!

Membaca Memindai untuk Menemukan Makna Kata atau Istilah Tertentu di dalam Kamus

Kegiatan membaca memiliki beberapa jenis atau teknik, di antaranya membaca cepat, membaca sekilas, dan membaca memindai. Setiap jenis atau teknik membaca tersebut memiliki definisi dan fungsi sendiri-sendiri. Pada dasarnya, semua kegiatan membaca digunakan untuk mendapatkan informasi dari bahan bacaan yang dibaca. Namun demikian, jenis bacaan dan kedalaman pemahaman isi bacaan mengharuskan kita perlu menerapkan teknik membaca yang berbeda.

Pada pembelajaran ini, kalian akan mempelajari mengenai membaca memindai. Membaca memindai merupakan salah satu teknik membaca untuk mendapat informasi secara cepat dan tepat. Untuk itu, dalam membaca memindai diperlukan ketelitian, kejelian, dan kecermatan. Hal ini bertujuan agar informasi yang kita dapatkan benar-benar akurat.

Teknik memindai seperti ini biasanya digunakan untuk menemukan berbagai informasi dari kamus, ensiklopedia, indeks buku, buku telepon, daftar isi sebuah buku, dan lain sebagainya. Proses membaca memindai dapat diawali dengan membaca cepat dan sekilas. Kemudian dilanjutkan dengan membaca ulang secara cermat dan penuh konsentrasi.

Membaca Memindai untuk Menemukan Makna Kata Tertentu dalam Kamus
Membaca Memindai untuk Menemukan Makna Kata Tertentu dalam Kamus
Agar lebih memahami mengenai membaca memindai, kalian harus mencoba mempraktikkan teknik membaca memindai. Kalian akan membaca memindai untuk mendapatkan atau mencari informasi yang terdapat di dalam kamus.

Perlu kalian ketahui bahwa kamus merupakan hasil pencatatan (kodifikasi) kosakata yang disertai batasan makna serta contoh pemakaiannya dalam kalimat. Hal ini dimaksudkan agar pembaca makin memahami makna kata serta cara menggunakan kata tersebut dalam kalimat secara tepat.

Sebelum kalian mempraktikkan, perhatikanlah teks bacaan di bawah ini beserta penjelasannya. Kalian diberi tugas mengumpulkan kata atau istilah yang dianggap penting dalam bidang pendidikan yang terdapat dalam bacaan di bawah ini. Kata-kata tersebut kemudian harus kalian cari maknanya dalam kamus.

Beberapa pemerintah kabupaten di Jawa Tengah memutuskan tidak akan memberikan pelayanan gratis bagi pendidikan. Pemerintah menilai, pemberian fasilitas sekolah gratis akan mematikan semangat masyarakat untuk mandiri. Selain itu, layanan pendidikan gratis juga dinilai makin menambah beban anggaran pemerintah. Pasalnya, tingkat kesejahteraan masyarakat tidak seluruhnya dalam kategori miskin atau layak mendapatkan subsidi.

Setelah membaca bacaan tersebut, kalian perlu mencatat kata-kata yang tercetak miring dalam teks bacaan di atas. Setelah pencatatan, kalian lanjutkan dengan mencari makna kata tersebut serta contoh penggunaannya ke dalam kamus dengan cara sebagai berikut.
  • Bukalah Kamus Besar Bahasa Indonesia dan lihatlah lemanya. Lema, yang berupa kata tunggal, kata berimbuhan, kata berulang, kata majemuk, frasa (gabungan kata), atau akronim, menjadi judul tiap entri, dan itulah yang dijelaskan di dalam kamus. Semua lema telah disusun secara alfabetis dan disertai dengan pemenggalan berdasarkan pedoman terperinci.
  • Untuk dapat menemukan entri kata anggaran, kalian buka lema bagian depan yang telah diurutkan ( A – Z ). Cari lema dengan urutan ang.gar.an. Di situ kalian akan menemukan arti atau makna katanya. Untuk entri kata subsidi, kalian buka lema sub.si.di. Di situ kalian akan menemukan pula arti katanya.
Berdasarkan hasil pencarian tersebut, dapat kalian temukan sebagai berikut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Depdiknas tahun 2002 halaman 47 dituliskan definisi anggaran sebagai berikut.
ang.gar.an n 1 pekerjaan; perhitungan; 2 aturan; 3 Ek taksiran mengenai penerimaan dan pengeluaran kas yang diharapkan untuk periode yang akan datang; 4 Man rencana penjatahan sumber daya yang dinyatakan dengan angka, biasanya di saham uang;

Dalam kamus tersebut, definisi subsidi dapat ditemukan pada halaman 1095, yang ditulis sebagai berikut.
sub.si.di n bantuan uang dsb kpd yayasan, perkumpulan, dsb (biasanya dr pihak pemerintah) = panti asuhan mendapat – dari pemerintah;

Dalam membaca kamus, perlu dipahami makna entri dan lema. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, entri berarti kata atau frasa dalam kamus beserta penjelasan maknanya dengan tambahan penjelasan berupa kelas kata, lafal, etimologi, contoh pemakaian, dan sebagainya. Adapun lema yaitu kata atau frasa masukan dalam kamus di luar definisi atau penjelasan lain yang diberikan dalam entri. Dengan kata lain, lema adalah butir masukan dari entri.

Sekian pembahasan mengenai Membaca Memindai untuk Menemukan Makna Kata Tertentu dalam Kamus, semoga dapat mudah dipahami dan dimengerti, jika bukan artikel ini yang sobat cari, mungkin materi dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!