Kerja Bakti di RT 9

Lingkungan yang bersih memang terasa sangat nyaman. Banyak cara untuk membersihkan lingkungan sekitar. Contohnya, dengan bekerja bakti di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kamu tentu ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai apa dan bagaimana kerja bakti itu. Kamu dapat mencari informasi tersebut melalui majalah, koran, ataupun internet Nah, untuk mendapat informasi tambahan tentang kerja bakti, yuk bacalah bacaan berikut ini! Kemudian, pahami informasi apa saja yang dapat kamu peroleh dalam wacana tersebut!

Kerja Bakti di RT 9

Sebentar lagi musim hujan akan tiba. Pak RT sudah mulai mengumumkan secara lisan kepada semua warga dari rumah ke rumah agar lingkungan di sekitar RT 9 dibersihkan. Semua warga menyambut baik kegiatan tersebut. Kerja bakti itu akan dilaksanakan pada hari Minggu pada saat semua anggota keluarga berada di rumah.

Kerja Bakti di RT 9
Kerja Bakti di RT 9
Sepanjang kompleks RT 9, semua warga bersemangat membersihkan lingkungan. Selokan dibersihkan, sampah-sampah yang menyumbat dibuang sehingga air dapat mengalir dengan lancar.

Sampah yang terdapat di lingkungan RT 9 hanya sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik, yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan yang bisa terurai secara alamiah. Misalnya, sisa makanan. Adapun sampah anorganik, yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan yang sulit terurai secara alamiah seperti, plastik dan kaleng. Semua sampah yang berada di sekitar RT 9 di buang ke tempat sampah. Namun, ada juga sampah yang dibakar dan ditimbun dengan tanah supaya tidak menjadi sarang nyamuk.

Bapak-bapak membawa cangkul dan sekop. Alat-alat tersebut digunakan untuk membersihkan selokan dan rumput liar yang terdapat di pinggir jalan sehingga nampak bersih dan rapi. Anak-anak membantu orang tua menyapu sampah-sampah dan rumput yang dicabut. Mereka semua bekerja dengan riang dan bersemangat. Mereka tahu bahwa yang bertanggung jawab membersihkan lingkungan adalah mereka sendiri.

Warga RT 9 selalu kompak dan selalu bekerja sama. Kerja bakti itu dilakukan sampai siang hari. Pada waktu istirahat, ibu-ibu menyuguhkan makanan untuk warga. Warga pun menikmati makanan dan minuman tersebut.
Sumber: Pikiran Rakyat, Maret 2005
 
Bagaimana isi wacana tersebut? Banyak sekali informasi yang di dapat, bukan? Untuk mengetahui secara jelas pesan atau informasi yang diperoleh, kamu harus mengetahui pokok-pokok informasi yang dikemukakan dalam wacana tersebut. Sekarang, jawablah dulu pertanyaan-pertanyaan berikut!

Mari Berlatih

Jawab pertanyaan berikut dengan tepat!
  1. Mengapa warga RT 9 melakukan kerja bakti? Karena untuk menjaga kelingungan.
  2. Kapan kerja bakti itu akan dilaksanakan? Kerja bakti akan dilaksanakan pada hari Minggu.
  3. Mengapa selokan dibersihkan dari sampah? Supaya air selokan mengalir.
  4. Sampah apa saja yang terdapat di lingkungan RT 9? Sisa makanan, sampah Organik, plastic & kaleng.
  5. Apakah yang dimaksud dengan sampah organik? Yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan yang mudah terurai secara alamiah, seperti daun, batang kayu, sisa sayuran dan rumput..
  6. Apakah yang dimaksud dengan sampah anorganik? Yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan yang sulit terurai secara alamiah seperti plastic & kaleng.
  7. Mengapa sampah anorganik biasanya dibakar atau ditimbun? Supaya tidak berbau busuk.
  8. Alat-alat apa saja yang dibawa oleh bapak-bapak saat bekerja bakti? Cangkul & Sekop.
  9. Mengapa warga bekerja bakti dengan riang dan bersemangat? Karena .sebentar lagi musim hujan.
  10. Apa yang dilakukan ibu-ibu sewaktu warga istirahat pada siang .........hari? Ibu-ibu menyenguhkan makanan.