Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat

Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat -Keberagaman budaya di satu sisi memberikan peran penting bagi bangsa dan masyarakat besar seperti Indonesia. Tentu saja hal tersebut bisa terjadi apabila keragaman kebudayaan tersebut dikelola dengan tepat. Bagaimana bila tidak dikelola dengan tepat? Malapetakalah yang akan melanda. Hampir semua negara yang penduduknya heterogen sepefii India dan Filipina, termasuk Indonesia setiap saat dapat menimbulkan konflik bernuansa SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan).


      Baca Juga      

BERTUTUR KATA, BERSIKAP DAN BERPERILAKU SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA


Setiap masalah ataupun konflik yang terjadi dalam masyarakat yang beragam harus segera diselesaikan sehingga tidak membawa akibat yang rnemgikan masyarakat. Upaya mengatasi masalah ini dapat dilakukan socara preventif dan represif. Cara preventif, artinya upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadi masalah atau sebelum masalah terjadi. Seperti mengembangkan sikap toleransi, kerjasarna, latihan bersama, dan sebagainya.
Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat
Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat. pic:google antaraphoto.com

Sedangkan cara represif yaitu upaya mengatasi pada saat atau setelah terjadi rnasalah, sepeni penangkapan, pembubaran paksa, dan sebaginya. Ada satu lagi yaitu kuratif, yaitu upaya tindak lanjut atau penanggulangan akibat rnasalah yang terjadi. Cara ini bertujuan untuk mengatasi dampak dari masalah yang terjadi. Misalkan pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian, kerjasama, dan sebagainya. Coba kalian diskusikan manakah yang lebih baik mengatasi sebelum terjadi masalah atau sesudah terjadi masalah.

Selain itu, upaya menyelesaikan konflik di masyarakat dapat juga juga dilakukan dengan mengernbangkan sikap saling menghargai dan menghonnati berbagai keragaman di masyarakat. Bolehkah kalian membanggakan suku bangsa dan budaya daerah sendiri? Tentu saja boleh, tetapi jangan berlebihan. Apalagi merendahkan budaya daerah lain. Sikap seperti itu dapat menimbulkan perpecahan. Sebaliknya, kalian harus menghormati dan menghargai budaya daerah lain. Hal ini dilakukan supaya bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan maju serta disegani oleh bangsa lainnya.

Info Kewarganegaraan
Bangsa Indonesia mempunyai tiga kekuatan untuk mempersatukan bangsa, yaitu:

1. Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa;
2. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
3. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan

      Baca Juga      

PERMASALAHAN KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA


Sikap menghargai dan menghormati keanekaragaman suku bangsa dan budaya dapat kalian lakukan dengan berbagai cara. Misalnya tidak menonjolkan suku bangsa sendiri, tidak menjelek-jelekan suku bangsa lain, mau bergaul dengan teman yang berbeda suku, memberikan pujian terhadap keindahan budaya suku bangsa lain, menyaksikan pertunjukkan kesenian daerah lain dan lain-lain.

Selain itu, kalian juga hams menerima keanekaragaman budaya sebagai bagian budaya bangsa. Misalnya dengan mempelajari kesenian darah lain. Jika ha] itu kalian lakukan, berarti kalian telah menunjukkan sikap menerima keanekaragaman budaya bangsa. Kemudian jika kalian merupakan warga pendatang suatu daerah, sudah sepantasnya kalian menyesuaikan diri dan mempelajari kebudayaan daerah setempat. Dengan bersikap sepefii itu, kalian telah menghargai, menghonnati dan menerima keanekaragaman budaya, sehingga pada akhimya kerukunan antar suku bangsa akan tetap terjaga.

Rangkuman

1. Kata Kunci
Kata kunci yang harus kalian kuasai dalam niempelajari materi di bab ini adalah keberagaman, masyarakat, konflik, suku bangsa, budaya, etnosentrisme, dan stereotipe.

2. Intisari Materi
a. Bangsa Indonesia memiliki keberagaman masyarakat yang disebabkan oleh suku, budaya, agama dan keyakinan, ras, dan golongan. Keberagaman dalam masyarakat Indonesia dapat menimbulkan berbagai masalah dalam masyarakat, apabila tidak dicegah dan diatasi dengan baik.

b. Masalah yang diakibatkan oleh keberagaman masyarakat antara lain konflik atau pertentangan antarsuku, konflik antaragama, konflik antarras, dan konflik antargolongan.

c. Masalah atau konflik yang terjadi dalam masyarakat yang beragam dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Konflik yang terjadi dapat disebabkan oleh satu faktor atau beberapa faktor yang saling mendukung Penyebab konflik antara lain sikap etnosentrisme terhadap kelompok sendiri, sikap prasangka atau stereotip terhadap kelompok lain, hubungan antarpemeluk agama yang kurang harmonis, dan hubungan antara penduduk asli dan pendatang yang kurang harmonis.

d. Konflik dalam masyarakat memiliki akibat yang positif maupun negatif. Akibat negatifdari konflik yang terjadi antara lain perpecahan atau disintegrasi masyarakat, kehancuran nilai-nilai dan norma sosial yang ada, kerugian harta benda dan korban manusia, dan perubahan kepribadian.

e. Upaya mencegah dan mengatasi masalah akibat keberagaman masyarakat Indonesia dapat dilakukan secara prefentifmaupun kuratif. Beberapa upaya mengatasi konflik antara lain melalui membangun kerjasama, akomodasi, dan asimilasi.

      Baca Juga      

PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI JALUR DIPLOMASI


Uji Kompetensi
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar.
  1. Jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia.
  2. Jelaskan macam konflik yang terjadi akibat keberagaman masyarakat dan berilah contohnya.
  3. Jelaskan 3 (tiga) penyebab konflik dalam masyarakat yang beragam.
  4. Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat.
  5. Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat negatif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat.
  6. Jelaskan upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu!
Jawaban soal
1.
  • akibatnya mesyarakat indonesia kurang bisa di atur karena banyaknya peraturan yang berlaku di masyarakat.
  • masyarakat semakin resah akibat perbedaan pendapat yang menimbulkan masalah.
  • debat yang berkepanjangan , kurang solidaritas, keperdulian antarsesama juda berkurang.
  • lebih mengenal satu sama lain karena dibalik pertengkaran pasti menimbulkan rasa ingin tau.
  • adu domba, perbedaan pendapat, keegoisan.
  • menyadari tata tertib sekolah. meningkatkan kepedulian antar siswa. meningkatkan kesadaran diri sendiri.
2.  Permasalahan akan terjadi bila kita menganggap suku lain tidak pantas untuk menjadi teman kita atau saling mengejek suku lain contohnya : - tidak bisa menghormati suku lain - acuh tak acuh - permusuhan

3.
  • kurang adanya tenggang rasa dalam masyarakat banyak yang merasa adat istiadatnya lebih baik
  • perbedaan agama
  • perbedaan bahasa
4.
  • timbulnya sikap saling menghormati karena perbedaan
  • saling mempelajari adat dan budaya suku lain
5.
  • hancurnya rumah ibadah
  • korban akan berjatuhan dan 2 belah pihak
6. Saling menghormati dan berbicara menggunakan bahasa Indonesia dalam sehari-hari