Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif dari Radio atau Televisi

Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif dari Radio atau Televisi - Kalian tentu pernah menyimak dan memahami dialog dari sebuah televisi atau radio, bukan? Dalam dialog tersebut pasti termuat informasi yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan belajar kalian. Pada pembahasan ini, kita akan mengulas tema dan informasi dalam dialog interaktif dengan narasumber.

Di bawah ini terdapat contoh teks dialog dengan beberapa narasumber. Simaklah dialog berikut!

Tujuan Pembelajaran
Tujuan belajar kalian adalah dapat menentukan tema dan menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi atau siaran radio.

Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif dari Radio atau Televisi

A : Apa yang Bapak paparkan dalam acara English in Preparation for the Beijing 2008 Olympic Games di Open Piazza, Times Square, Hongkong?
B : Saya memaparkan bahwa 83% perusahaan meminta karyawannya terus belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing.
Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif dari Radio atau Televisi
Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif dari Radio atau Televisi

A : Bagaimana Bapak mengetahui hal tersebut?
B : Hasil itu diperoleh dari jajak pendapat yang dilakukan English town (anak perusahaan EF),  Recruit.com dan Yahoo! Hongkong. Mereka melakukan survei sejak 6-12 Agustus dengan melibatkan 200 pengusaha dan 1.200 karyawan di Hongkong.

A : Bagaimana hasil dari jajak pendapat tersebut?
C : Jajak pendapat menunjukkan bahwa 68% pengusaha dan 52% karyawan yakin bahwa kemampuan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis telah merosot di antara tenaga kerja di Hongkong dibandingkan standar 10 tahun silam. Sebanyak 71% karyawan berpendapat, akan sulit untuk memegang posisi manajer dengan kemampuan bahasa Inggris yang buruk, walaupun calon manajer tersebut memiliki pengalaman lama.

A : Lalu, bagaimanakah dengan tenaga kerja itu sendiri?
C : Dalam jajak pendapat tersebut terungkap bahwa 32% tenaga kerja yang diwawancara merasa sangat tertekan jika mereka memiliki kemampuan bahasa Inggris yang buruk.

A : Mengapa para tenaga kerja sampai merasa sangat tertekan, Pak?
B : Karena sebanyak 60% pengusaha menegaskan bahwa jika perusahaan mencari seorang manajer untuk mewakili perusahaan dalam rapat penting, kandidat harus menjalani tes kemampuan bahasa Inggris dalam wawancara. Konsekuensinya jika dua kandidat memiliki kesamaan kualifikasi dan pengalaman kerja, 90% pengusaha akan memilih kandidat dengan bahasa Inggris terbaik.

A : Seberapa besar kemampuan berbahasa Inggris menjadi faktor utama saat mempromosikan karier karyawan?
C : Sebanyak 79% pengusaha dan 75% karyawan mengatakan bahwa kecakapan bahasa Inggris berdampak langsung pada peluang promosi dan peningkatan gaji. Selain itu, rendahnya kemampuan bahasa Inggris berdampak negatif dalam memenangkan persaingan bisnis di Hongkong. Sebanyak 85% pengusaha dan 77% karyawan mengutarakan bahwa buruknya standar kemampuan bahasa Inggris karyawan berdampak negatif terhadap citra dan bisnis perusahaan.

A : Bagaimana pendapat para karyawan dengan adanya ketentuan bahwa karyawan harus mampu berbahasa Inggris.
C : Sebanyak 75% karyawan setuju bahwa mereka harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka untuk meningkatkan daya saing.
(Sumber: Seputar Indonesia, 13 September 2007, dengan pengubahan)

Setelah menyimak dialog yang diperagakan teman-teman, kalian dapat mencatat hal-hal penting dalam dialog sebagai berikut.
  1. Jajak pendapat dilakukan oleh English town (anak perusahaan EF), Recruit.com dan Yahoo! Hongkong.
  2. Sebanyak 83% perusahaan meminta karyawannya terus belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing.
  3. Survei dilakukan sejak 6-12 Agustus dengan melibatkan 200 pengusaha dan 1.200 karyawan di Hongkong.
  4. Sebanyak 68% pengusaha dan 52% karyawan yakin bahwa kemampuan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis telah merosot di antara tenaga kerja di Hongkong dibandingkan standar 10 tahun silam.
  5. Sebanyak 71% karyawan berpendapat bahwa akan sulit untuk memegang posisi manajer dengan kemampuan bahasa Inggris yang buruk, walaupun memiliki pengalaman lama.
  6. Sebanyak 32% tenaga kerja yang diwawancara merasa sangat tertekan jika mereka memiliki kemampuan bahasa Inggris yang buruk.
  7. Sebanyak 60% pengusaha menegaskan bahwa jika perusahaan mencari seorang manajer untuk mewakili perusahaan dalam rapat penting, kandidat harus menjalani tes kemampuan bahasa Inggris dalam wawancara.
  8. Sebanyak 79% pengusaha dan 75% karyawan mengatakan bahwa kecakapan bahasa Inggris berdampak langsung pada peluang promosi dan peningkatan gaji.9. Sebanyak 85% pengusaha dan 77% karyawan mengutarakan bahwa buruknya standar kemampuan bahasa Inggris karyawan berdampak negatif terhadap citra dan bisnis perusahaan.
  9. Sebanyak 75% karyawan setuju bahwa mereka harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka untuk meningkatkan daya saing.

Sebelum kalian menyimpulkan isi dialog interaktif dari Radio atau Televisi, kalian perlu menentukan tema dialog terlebih dahulu. Tema dialog yaitu inti yang menjadi dasar dalam dialog tersebut. Tema pembicaraan dialog interaktif di atas adalah peran bahasa Inggris dalam dunia kerja.

Berdasarkan isi keseluruhan dialog yang kalian simak, kalian dapat menyimpulkan isi dialog seperti berikut. Jajak pendapat telah dilakukan oleh English town (anak perusahaan EF), Recruitcom dan Yahoo! Hongkong. Jajak pendapat tersebut dilakukan pada tanggal 6-12 Agustus dengan melibatkan 200 pengusaha dan 1.200 karyawan di Hongkong.

Para pengusaha meminta karyawannya untuk terus belajar bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan oleh merosotnya kemampuan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris pada diri tenaga kerja. Kemampuan bahasa Inggris yang buruk akan menyulitkan para tenaga kerja memegang posisi manajer.

Ada di antara para tenaga kerja yang merasa sangat tertekan jika memiliki kemampuan bahasa Inggris yang buruk. Lebih dari separuh pengusaha menegaskan bahwa saat perusahaan mencari seorang manajer untuk mewakili rapat penting, maka kandidat harus menjalani tes kemampuan bahasa Inggris dalam wawancara. Dengan demikian, kecakapan bahasa Inggris memiliki dampak langsung pada peluang promosi dan peningkatan gaji. Sebaliknya, buruknya standar kemampuan bahasa Inggris karyawan berdampak negatif terhadap citra dan bisnis perusahaan. Maka itu, para karyawan setuju bahwa mereka harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing.

Selain menurut beberapa informasi yang terungkap secara jelas dalam dialog dengan berbagai narasumber yang kalian simak, dialog tersebut juga memuat beberapa informasi secara tersirat. Informasi yang diungkapkan secara tersirat dari dialog tersebut dapat Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif dari Radio atau Televisi seperti berikut ini.
  1. Merosotnya kemampuan berbahasa Inggris berpengaruh pada citra dan bisnis perusahaan.
  2. Kecakapan berbahasa Inggris yang baik memudahkan para tenaga kerja memegang posisi manajer.
  3. Perusahaan mencari tenaga kerja yang terampil dan profesional.
  4. Para tenaga kerja mau dan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing.
Sekian artikel mengenai bagaimana Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif dari Radio atau Televisi semoga dapat memberikan manfaat.


Uji Kemampuan 1
Simaklah dialog berikut ini!
X : Sebenarnya, apa yang terjadi pada diri Ceriyati, Pak?
Y : Ceriyati mengalami kasus kekerasan yang dilakukan oleh majikannya di Kuala Lumpur.

X : Lalu, bagaimanakah kasus itu sekarang, Pak?
Y : Kasus kekerasan yang dialami Ceriyati telah ditangani secara cepat dan tegas oleh Disnakertrans, Departemen Luar Negeri (Deplu), dan KBRI di Malaysia.

X : Langkah apa yang telah ditempuh oleh mereka, Pak?
Y : Saat ini, langkah yang ditempuh antara lain dengan membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

X : Bagaimana dengan proses hukum?
Y : Proses hukum juga telah berjalan. Terbukti, majikan Ceriyati kini sudah ditahan. Hal yang jelas, agen yang mengirim Ceriyati menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) ke Malaysia itu legal. Kami sudah memanggil agen tersebut.

X : Dengan adanya kasus ini, apakah pengiriman TKI yang akan menjadi pembantu rumah tangga ke Malaysia akan distop, Pak?
Z : Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) menyatakan belum akan menyetop pengiriman Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga ke Malaysia pascaperistiwa penyiksaan Ceriyati oleh majikannya.

X : Apa alasannya, Pak?
Z : Pasalnya peristiwa tersebut tidak dapat digeneralisasi untuk pekerja lain.

X : Maksud, Bapak?
Z : Masyarakat di Indonesia yang tinggal di Malaysia berjumlah cukup banyak, yakni sekitar 1,2 juta orang. Jadi, beberapa peristiwa seperti yang dialami Ceriyati menjadikan kepentingan hubungan kedua negara serta kepentingan TKI lain yang bekerja di Malaysia.

X : Jadi, kita harus bagaimana, Pak?
Z : Jadi, masalah ini harus dilihat secara arif dan bijaksana. Masalah ini diselesaikan kiss by kiss.
(Sumber: Jawa Pos, 21 Januari 2007, dengan pengubahan)

Coba Kerjakanlah di buku tugasmu!
  1. Tuliskan hal-hal penting yang terdapat dalam dialog interaktif yang kamu simak!
  2. Tentukanlah tema dalam dialog interaktif tersebut!
  3. Tulislah kesimpulan isi dialog tersebut!
  4. Sebutkan informasi yang disampaikan secara tersirat dalam dialog tersebut!